Rabu, 23 Juni 2010

Mustofa Bisri

Ahmad Mustofa Bisri (Gus Mus), kini pengasuh Pondok Pesantren Raudlatuth Thalibin, Rembang. Mantan Rais PBNU ini dilahirkan di Rembang, 10 Agustus 1944. Nyantri di berbagai pesantren seperti Pesantren Lirboyo Kediri di bawah asuhan KH Marzuqi dan KH Mahrus Ali; Al Munawwar Krapyak Yogyakarta di bawah asuhan KH Ali Ma'shum dan KH Abdul Qadir; dan Universitas Al Azhar Cairo di samping di pesantren milik ayahnya sendiri, KH Bisri Mustofa, Raudlatuth Thalibin Rembang.
Selain menjadi kiai, Gusmus juga seorang penyair dan pelukis, kedua hobi tersebut biasanya dilakukan pada bulan Ramadhan dengan menolak semua undangan yang datang pada bulan tersebut.
Untuk kegemarannya menulis, memang ada yang mengatakan sebagai nyleneh. Padahal, menurutnya, “bersastra itu sudah menjadi tradisi para ulama sejak dulu ! Bersastra itu kan kegiatan manusia paling tinggi, melibatkan rasio dan perasaan !.”
Gus Mus pernah jadi Anggota MPR mewakili PPP, tapi ‘kiprah politiknya’ samasekali tidak menonjol. Ternyata, dunia politik memang tidak cocok bagi Gus Mus. “Saya mendengar politik saja sudah gerah” katanya. “Apalagi masuk ke dalamnya !”

lebih lengkapnya silahkan kunjungi http://www.gusmus.net/page.php?mod=statis&id=1

Ini gambar pertamaku yg dibuat dengan Adobe Illustrator CS..
Nggambar sambil nyetel puisi "Kau Ini" selama berjam-jam...

Tidak ada komentar: